Rapat Forum Komunikasi Satpol PP dan Damkar se-Sumatera Barat

  • 06 Desember 2019 21:51:48 WIB
  • 225
  • BERITA
  • Adrian Fetriskha, SH, MPA

 

Dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan tugas pokok Satpol PP & Damkar Kab/Kota serta untuk melakukan koordinasi penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2020, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Rapat Forum Komunikasi Satpol PP dan Damkar se-Sumatera Barat pada tanggal 5 Desember 2019 di Hotel Emersia, Batusangkar. Rapat Forum Komunikasi Satpol PP dan Damkar se-Sumatera Barat tersebut diikuti sekitar 60 orang peserta terdiri utusan Satpol PP dan Damkar Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat, utusan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten 50 Kota, Kota Padang dan Kota Bukittinggi.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Provinsi Sumatera Barat, Dedy Diantolani, S.Sos, MM. Dalam sambutannya disampaikan bahwa seluruh aparatur pemerintah daerah khususnya anggota Satuan Polisi Pamong Praja, Satuan Perlindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran akan memiliki peran yang sangat strategis dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020. Satpol PP, Satlinmas dan Damkar sebagai penyelenggara ketertiban umum dan ketentraman masyarakat harus aktif menjaga kualitas penyelenggaraan Pilkada sehingga berjalan dengan aman dan tertib.

Tema pembahasan dan narasumber dari kegiatan Rapat Forum Komunikasi Satpol PP dan Damkar se-Sumatera Barat terdiri dari;

  1. “Peran Satpol PP, Satlinmas dan Damkar dalam Menghadapi Pilkada Tahun 2020”, disampaikan oleh Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri
  2. “Sinergitas KPU dengan Satpol PP & Damkar dalam Pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2020”, disampaikan oleh Sekretaris KPU Prov.
  3. “Peningkatan Kesiapsiagaan dan Keterlibatan Satpol PP, Satlinmas dan Damakr dalam Pilkada Tahun 2020”, disampaikan oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Provinsi Sumatera Barat.

Dalam pemaparannya, Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri meminta kepada seluruh anggota Satpol PP untuk meningkatkan kinerjanya dalam penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Sejalan dengan permintaan Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri, Kasat Pol PP & Damkar Prov. Sumbar menyampaikan beberapa arahan untuk anggota Satpol PP, Satlinmas dan Damkar dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020, diantaranya:

  1. Satpol PP, Satlinmas dan Damkar sebagai Aparat Sipil Negara dituntut untuk bersikap netral sesuai amanat UU ASN.
  2. Satpol PP, Satlinmas dan Damkar harus bersikap proaktif mencermati gelagat dinamika di wilayahnya demi menjaga stabilitas dan keamanan serta tetap konsisten menjaga citra dan wibawa pada saat penyelenggaraan Pilkada Serentak.
  3. Satpol PP, Satlinmas dan Damkar harus senantiasa proaktif melakukan pengamatan situasi dan kondisi di wilayah tempat tinggal masing-masing dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi gangguan ketentraman dan ketertiban umum.
  4. Anggota Satlinmas diharapkan dapat bertugas secara optimal membantu petugas KPPS pada saat hari pemungutan suara agar berlangsung dengan aman, tertib dan tenteram sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009.
  5. Meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam rangka peningkatan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Kegiatan Rapat Forum Komunikasi ini berjalan lancar dan sukses serta telah berhasil membangun koordinasi awal antar instansi dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2020.

----------

Seluruh materi Rapat Forum Komunikasi Satpol PP & Damkar Provinsi Sumatera Barat dapat diunduh disini --> DOWNLOAD MATERI

Gubernur dan Wakil

Berita Popular

Pelantikan Pejabat Administrat

06 Desember 2019 22:30:39 WIB

Upacara Kenaikan Pangkat Anggo

10 November 2017 14:47:58 WIB

Rapat Forum Komunikasi Satpol

06 Desember 2019 21:51:48 WIB

Satpol PP Sumbar meriahkan Paw

10 November 2017 14:53:35 WIB

Satpol PP dan Damkar Menjaga T

17 Desember 2019 23:27:01 WIB

Galeri Foto

Agenda