Post Title

Upacara Peringatan HUT Satpol PP, Damkar dan Satlinmas Tahun 2022

| 88 | Adrian Fetriskha, SH, MPA |

Satpol PP Prov. Sumbar menyelenggarakan upacara dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Satpol PP ke-72, Pemadam Kebakaran ke-103 dan Perlindungan Masyarakat ke-60 Tingkat Provinsi Sumatera Barat, di Lapangan Kantor Gubernur Sumbar, Senin (21/3/2022). Upacara dihadiri oleh perwakilan Satpol PP dan Damkar Kabupaten/Kota, kepala OPD di lingkungan Pemprov. Sumbar serta juga dihadiri secara langsung oleh Bupati/Walikota.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi. Dalam amanatnya, Gubernur mengajak Satpol PP, Damkar dan Satlinmas untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi Pancasila, memegang teguh falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara diatas kepentingan pribadi dan golongan serta semakin meningkatkan semangat dan pengabdian kepada bangsa dan negara demi mewujudkan Sumatera Barat yang Madani.

Gubernur juga menambahkan agar seluruh Satpol PP, Pemadam Kebakaran dan Satlinmas untuk semakin memperkuat pemahaman tentang tugas dan peran penting yang menjadi tanggung jawab masing-masing..

Selain itu juga, Gubernur juga menegas 4 poin penting bagi seluruh personel Satpol PP, Damakr dan Satlinmas, sebagai berikut:

  1. Tingkatkan pelaksanaan tugas, fungsi, dan kewenangan dalam mengawal urusan ketenteraman, ketertiban umum dan pelindungan masyarakat serta pencegahan kebakaran sebagai urusan wajib yang terkait dengan pelayanan dasar.
  2. Perkuat koordinasi, integrasi dan sinkronisasi, baik secara vertikal maupun horizontal dengan berbagai instansi terkait atas dasar hubungan fungsional, saling membantu dan saling menghormati.
  3. Laksanakan tugas yang tegas namun tetap humanis dan senantiasa memperhatikan aspek Hak Asasi Manusia serta citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan daerah.
  4. Berperan aktif dalam percepatan vaksinasi dan berikan contoh terbaik kepada masyarakat dalam penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19.

Setelah pelaksanaan upacara, Gubernur menyerahkan penghargaan kepada Satpol PP dan Damkar kabupaten dan kota yang terbaik dalam menjalankan tugas. Penghargaan Satpol PP kabupaten dan kota terbaik dalam penyelenggaraan trantibum diberikan kepada Satpol PP dan Damkar Kota Sawahlunto sebagai terbaik I, diikuti Satpol PP dan Damkar Kota Padang Panjang sebagai Terbaik II dan Satpol PP Kota Padang terbaik III.

Sedangkan penghargaan untuk Dinas Pemadam Kebakaran yang terbaik dalam penyelenggaraan pemadaman dan penyelamatan diberikan kepada Damkar Kota Bukittingi sebagai terbaik I, diikuti Damkar Kota Padang dan terakhir Damkar Kabupaten Limapuluh Kota.

Setelah pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan Rapat Forum Satpol PP dan Damkar se-Sumatera Barat.
.