Post Title

Peningkatan Kapasitas Satlinmas se-Kota Padang Panjang

| 156 | Adrian Fetriskha, SH, MPA |

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Satlinmas, Satpol PP Prov. Sumbar menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Satlinmas se-Kota Padang Panjang pada hari Kamis tanggal 25 Mei 2023 di Aula Hotel Pangeran Padang Panjang.

Kegiatan peningkatan kapasitas anggota Satlinmas dibuka secara langsung oleh Sekda Kota Padang Panjang (Sonny Budaya Putra, AP., M.Si). Dalam sambutannya disampaikan beberapa hal berikut;

  • Satlinmas adalah organisasi yang menjadi lini terdepan dalam masyarakat, mereka siap membantu masyarakat dan pemerintah khususnya di kelurahan dalam berbagai hal, seperti bencana alam, trantibum dan lainnya, termasuk dalam pengamanan saat pemilu dan Pilkada.
  • Jumlah Satlinmas di Kota Padang Panjang saat ini ada 390 orang. Namun 30 orang ini merupakan orang yang mengikuti kegiatan hari ini adalah orang terpilih yang mendapatkan tambahan ilmu dalam Bimtek Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas.
  • Pemko Padang Panjang bersama dengan Satlinmas merupakan suatu kesatuan yang saling terikat. Ke depan, ada kegiatan-kegiatan dan momen tertentu Satlinmas ini selalu dilibatkan, tidak hanya saat pemilu atau pilkada.
  • Untuk membangun sebuah daerah, butuh kerja sama dan kolaborasi. Untuk melindungi masyarakat, tidak hanya pemerintah daerah namun butuh peran serta dari masyarakat seperti Satlinmas ini. Agar tercapainya iklim dan suasana kota yang kondusif.
  • Satlinmas harus bekerja sama dengan kelurahan dan saling berkoordinasi untuk mendukung terwujudnya visi dan misi dari kepala daerah serta membantu berjalanannya proses pembangunan dengan baik dan lancar.

Adapun narasumber pada kegiatan tersebut terdiri dari Kabid Linmas & Damkar Prov. Sumbar (Hendri Oktavia Hatta, SH), Kepala Satpol PP Padang Panjang (I Putu Venda, S.STP., M.Si), Ketua KPU Padang Panjang (Okta Novisyah) dan Kabid PK BPBD Kesbangpol Padang Panjang (Subeki, SE), 

Kepala Satpol PP Prov. Sumbar yang diwakili oleh Kepala Bidang Linmas dan Damkar (Hendri Oktavia Hatta, SH) menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anggota Satlinmas tentang tugas dan fungsinya, meningkatan keterampilan dalam melaksanakan tugas serta untuk memotivasi anggota Satlinmas agar dapat meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas.