Post Title

Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas di Kabupaten Padang Pariaman

| 71 | Adrian Fetriskha, SH, MPA |

Dalam rangka meningkatan pengetahuan dan keterampilan anggota Satlinmas, Satpol PP Prov. Sumbar melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat bagi anggota Satlinmas Kabupaten Padang Pariaman di Aula Puskesmas Kabupaten Padang Pariaman pada hari Kamis (19/08).

Peserta kegiatan Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas terdiri dari perwakilan anggota Satlinmas Nagari di Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 30 orang. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pemahaman anggota Satlinmas terhadap tugas dan fungsi Satlinmas.
  2. Menambah dan menyegarkan pengetahun Satlinmas terkait penyelenggaraan trantibum dan linmas.
  3. Mendorong dan memotivasi anggota Satlinmas untuk dapat meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas dibuka secara resmi oleh Bupati Padang Pariaman (Suhatri Bur, SE, MM). Dalam sambutannya Bupati Padang Pariaman menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman sangat berterima kasih atas kunjungan dari Satpol PP Provinsi Sumatera Barat dan melaksanakan kegiatan di wilayah Kabupaten Padang Pariaman. Kabupaten Padang Pariaman juga sangat berterima kasih karena menjadi salah satu dari dua kabupaten yang mendapatkan kegiatan peningkatan kapasitas Satlinmas pada Tahun Anggaran 2021.
  • Melalui kegiatan ini diharapkan Satlinmas Kabupaten Padang Pariaman semakin memahami akan peran dan tugasnya. Selama ini Satlinmas hanya dianggap sebagai pengamanan TPS saat Pemilu saja. Padahal tugas Satlinmas sangatlah banyak dan berat.
  • Diharapkan kepada para peserta dan seluruh anggota Satlimas senantiasa bekerja maksimal dan membantu masyarakat dalam menjaga ketentraman, ketertiban umum serta berperan aktif dalam penanggulangan bencana.
  • Selain itu beliau juga berharap kegiatan ini akan semakin mengoptimalkan peran Satlinmas dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Pemateri pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas tersebut adalah;

  1. Kepala Satpol PP Prov. Sumatera Barat (Dedy Diantolani, S.Sos, MM) dengan judul “Optimalisasi Peran Satlinmas dalam Penyelenggaraan Tibum Tranmas dan Perlindungan Masyarakat”.
  2. Kepala Satpol PP & Damkar Kab. Padang Pariaman (Rianto, SH, MM) dengan judul "Tugas dan Fungsi Satlinmas dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19

Diharapkan melalui kegiatan ini akan semakin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Satlinmas dalam menjalankan tugas dan fungsinya.