Post Title

Rapat Koordinasi Pemadam Kebakaran se-Sumatera Barat

| 110 | Adrian Fetriskha, SH, MPA |

Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Rapat Koordinasi Pemadam Kebakaran Kab/Kota se-Sumatera Barat di Whiz Prime Hotel pada tanggal 18 November 2021. Rapat koordinasi diikuti oleh Kepala Satpol PP & Damkar Kab/Kota, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kab/Kota serta pejabat terkait yang menangani urusan pemadam kebakaran di Kab/Kota.

Rapat koordinasi dimaksud bertujuan untuk mendorong pembentukan Relawan Kebakaran di Kab/Kota, menyempurnakan naskah Perjanjian Kerja Sama Pemadam Kebakaran serta untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas antara Provinsi dan Kab/Kota.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri secara virtual oleh Kepala Subdirektorat Sarana Prasarana dan Informasi Kebakaran Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri (Evan Nur Setya Hadi, S.STP, MAP., CRMO) yang menyampaikan masalah teknis pembentukan relawan kebakaran kab/kota. Dirjen menyampaikan bahwa mengingat pentingnya peran dan keberadaan relawan pemadam kebakaran untuk membantu pelaksana sub urusan kebakaran dalam pemenuhan capaian SPM, maka perlu ada perhatian khusus dari seluruh kab/kota untuk mendorong terbentuknya relawan pemadam kebakaran di kab/kota masing-masing.

Terkait Perjanjian Kerja Sama Pemadam Kebakaran Kab/Kota dalam Penggulangan Kebakaran di Wilayah Perbatasan Kab/Kota, Kepala Satpol PP Prov. Sumbar (Irwan, S.Sos, MM) menyampaikan bahwa draf perjanjian kerjasama antar pemadam kebakaran kab/kota sudah dalam tahap pembahasan akhir. Sehingga dengan terealisasinya perjanjian kerjasama ini akan semakin meningkatkan pelayanan pemadam kebakaran kepada masyarakat serta dapat menjadi pedoman dalam melaksanakan fungsi pemadaman kebakaran di wilayah Provinsi Sumatera Barat yang efektif dan efisien.

Melalui kegiatan Rapat Koordinasi Pemadam Kebakaran ini diharapkan akan semakin memperkuat sinergi dan kerjasama antar kabupaten/kota sehingga akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, tutur Kabid Linmas dan Damkar Prov. Sumbar (Herwin Mustika, SH)